tips taklukan tes ielts speaking

Tips Taklukan Tes IELTS Speaking

Dalam melakukan tes IELTS, biasanya terdapat beberapa bagian yang diujikan. Diantaranya adalah listening, writing, reading, dan speaking. Bagian tes IELTS speaking merupakan bagian yang seringkali dikatakan paling sulit. Karena bagian ini merupakan ujian lisan (tes speaking). Namun, hal tersebut dapat diatasi apabila sudah menyiapkan strategi yang baik.

Pada tes speaking biasanya terdapat tiga bagian. Pada bagian pertama merupakan wawancara atau perkenalan pribadi. Pertanyaan bagian pertama biasanya adalah terkait hal personal. Pada bagian kedua merupakan penyampaian pendapat atau opini terkait suatu topik. Bagian terakhir berupa diskusi dua arah dengan penguji terkait topik di bagian kedua.

3 Tips Taklukan Tes IELTS Speaking

Untuk dapat menjawab bagian speaking dengan baik, maka diperlukan beberapa strategi atau taktik. Hal tersebut dapat menjadi salah satu tips dalam menaklukan tes IELTS pada bagian speaking. Karena tes speaking ini biasanya memerlukan effort yang lebih besar dibandingkan bagian lainnya. Oleh karena itu, simak beberapa tipsnya di bawah ini!

1. Mempelajari dengan Seksama Soal Speaking

Tips pertama adalah dengan mempelajari secara baik dan seksama soal speaking IELTS. Saat ini telah banyak situs yang menyediakan mock test dari speaking IELTS. Sehingga sebelum melaksanakan IELTS, alangkah lebih baiknya mempelajari secara detail tipe dan macam-macam soal IELTS. Khususnya pada bagian test speaking.

Hal tersebut akan membuat kamu lebih paham terkait tipe-tipe soalnya. Misalnya, pada bagian pertama biasanya yang ditanyakan adalah bagian-bagian personal. Mulai dari tempat tinggal, kegiatan sehari-hari, dan sebagainya. Bagian dua dan tiga biasanya merupakan topik-topik tertentu, atau dapat pula topik yang tengah hangat diperbincangkan.

2. Membaca dan Mempelajari Informasi atau Topik Umum

Tes IELTS speaking yang cukup sulit ada pada bagian dua dan tiga. Karena bagian tersebut akan menanyakan hal umum dan tidak bersifat personal. Oleh karena itu, mulailah untuk membaca dan mengetahui beberapa informasi terkait topik yang tengah hangat. Karena bisa jadi itulah yang nantinya akan diujikan.

Selain itu, dapat pula untuk mencari contoh-contoh soal speaking di Google. Biasanya ada beberapa situs yang akan memberikan contoh topik-topik pada bagian dua dan tiga speaking IELTS. Hal tersebut dapat menjadi patokan atau acuan. Sehingga kamu dapat mencari informasi detail terkait topik tersebut. Maka dapat dijadikan bahan jawaban untuk tes IELTS.

Baca Juga:
Tips Latihan Writing untuk Tes IELTS

3. Belajar Materi Speaking

Tips terakhir yang paling penting adalah melakukan persiapan dengan belajar. Karena tes speaking cenderung sulit untuk ditaklukan, apabila tidak melakukan pembelajaran. Saat ini telah banyak lembaga atau situs yang menyediakan pembelajaran speaking secara gratis. Hal tersebut dapat dimanfaatkan sebagai media atau sarana belajar materi speaking.

Selain itu, lakukanlah pula latihan berbicara atau speaking secara rutin. Karena apabila tidak pernah latihan, maka dikhawatirkan akan gagap ketika melakukan tes speaking saat IELTS. Belajarlah untuk berbicara dengan lancar dan pelan-pelan. Jangan terlalu terburu-buru, karena dikhawatirkan apa yang dibicarakan tidak akan dimengerti.

Cara Belajar untuk Tes IELTS Speaking

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tes speaking cenderung sulit ditaklukan apabila tidak melakukan pembelajaran sebelumnya. Oleh karena itu, belajarlah sebelum melakukan tes IELTS khususnya pada bagian speaking. Banyak orang yang memilih untuk bergabung dalam kursus persiapan IELTS agar mendapatkan hasil maksimal. Untuk dapat lebih efektif, lakukan beberapa cara belajar speaking untuk IELTS seperti di bawah ini!

Baca Juga:
Tips Mengerjakan Latihan Soal IELTS Online

1. Berbicara dengan Native Speaker

Native speaker adalah para pengguna bahasa Inggris yang asli atau orang asing. Cara terbaik untuk dapat lancar dalam berbicara bahasa Inggris adalah melakukan percakapan dengan orang asing. Saat ini, berkomunikasi dengan orang asing telah banyak medianya.

Misalnya, menggunakan snapchat atau media sosial lainnya. Cobalah untuk berbicara atau berkomunikasi dengan bahasa Inggris. Hal tersebut akan meningkatkan improvisasi dalam speaking.

2. Berlatih dengan Giat

Berikutnya adalah melakukan latihan dengan giat. Karena speaking adalah tentang praktik. Sehingga akan semakin terlatih apabila terus menerus melakukan praktik, yaitu berbicara dan berkomunikasi dengan bahasa Inggris.

Salah satu bagian yang cukup sulit dalam IELTS adalah Tes IELTS speaking. Pasalnya, bagian tersebut mengharuskan peserta untuk berbicara bahasa Inggris secara langsung. Oleh karena itu, ikutilah beberapa tips di atas agar mampu menaklukan tes speaking pada IELTS.

Jika ingin mengetahui informasi tentang Tips Taklukan Tes IELTS Speaking bisa hubungi ICAN English, atau bisa datang langsung ke kantor cabang ICAN English terdekat kota anda.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web