Berapa Skor TOEFL ITP untuk Beasiswa Luar Negeri

Berapa Skor TOEFL ITP untuk Beasiswa Luar Negeri

Skor TOEFL ITP untuk beasiswa luar negeri bervariasi tergantung lembaga dan negara tujuan. TOEFL ITP merupakan tes bahasa Inggris, umumnya digunakan lembaga pendidikan di seluruh dunia. Fungsinya adalah sebagai salah satu faktor pertimbangan pemberi beasiswa.

Tidak ada skor standar secara universal pada tes TOEFL ITP. Calon penerima beasiswa diharapkan memiliki skor untuk menunjukkan kemampuan bahasa Inggris yang tinggi. Skor ideal ini menjadi bukti bahwa kamu telah mencapai tingkat kefasihan memadai untuk berhasil dalam lingkungan akademik di luar negeri.

4 Informasi Skor TOEFL ITP Berdasarkan Jenis Beasiswa

Skor TOEFL ITP dianggap ideal, bervariasi sesuai jenis beasiswa yang tersedia. Berikut skor TOEFL ITP yang diperlukan sebelum mengajukan berbagai beasiswa:

Baca Juga:
Langkah Mengikuti Tes TOEFL ITP, Tambah Pengalaman!

1. Beasiswa Awal atau Bahasa

Beberapa lembaga penyedia beasiswa memberikan beasiswa awal atau bahasa. Tujuannya adalah untuk membantu mahasiswa internasional dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Sehingga, penerima beasiswa sudah memiliki kemampuan bebahasa yang meningkat sebelum memulai program studi utama. Skor minimal untuk jenis beasiswa ini berkisar 400-500.

2. Beasiswa Paruh Waktu

Beasiswa paruh waktu atau parsial biasanya menawarkan bantuan finansial lebih terbatas dibandingkan beasiswa penuh. Skor ideal untuk jenis beasiswa ini adalah sekitar 500-550 atau lebih tinggi. Skor juga sangat tergantung pada kebijakan lembaga.

3. Skor Ideal untuk Beasiswa Penuh

Beasiswa penuh mencakup seluruh biaya kuliah, biaya hidup, asrama, dan buku-buku kuliah. Untuk jenis beasiswa ini, skor ideal TOEFL ITP biasanya berkisar 550-600 atau lebih tinggi. Lembaga pemberi beasiswa sering mengharapkan kandidat memiliki kemampuan bahasa Inggris tinggi.

4. Beasiswa Bergengsi atau Program Khusus

Beasiswa bergengsi atau program khusus contohnya adalah program pascasarjana di universitas terkemuka. Umumnya, beasiswa ini memberikan persyaratan skor TOEFL ITP lebih tinggi.

Skor ideal untuk jenis beasiswa ini berada dalam kisaran 600-650 atau lebih tinggi. Persaingan ketat, dan kemampuan bahasa Inggris sangat baik menjadi faktor penentu pemilihan penerima beasiswa.

Persyaratan skor TOEFL ITP untuk beasiswa dapat bervariasi antara lembaga pemberi beasiswa. Melakukan riset dan menyesuaikan persiapan TOEFL ITP terkait persyaratan beasiswa sangatlah penting.

Baca Juga:
Cara Mendapatkan Sertifikat Bahasa Inggris untuk Kuliah Luar Negeri

Skor TOEFL ITP Ideal untuk Kuliah Luar Negeri

Sebagai panduan umum, skor TOEFL ITP untuk beasiswa luar negeri berkisar antara 550 hingga 600. Namun, pastikan selalu memeriksa persyaratan spesifik lembaga atau program yang menjadi tujuan. Hal ini karena setiap institusi terkadang memiliki standar berbeda.

Rentang skor tes TOEFL ITP adalah 310 hingga 677, dibagi menjadi tiga bagian pengukuran: listening (mendengarkan), structure and written expression (struktur dan ekspresi tertulis), dan reading (membaca). Skor total diperoleh dengan menjumlahkan skor ketiga bagian tersebut.

Beberapa lembaga pemberi beasiswa memiliki persyaratan skor minimal berbeda pada setiap bagian atau total skor. Calon penerima beasiswa perlu memahami persyaratan spesifik lembaga atau program tujuan. Hal ini penting untuk memastikan bahwa skor TOEFL ITP yang dicapai memenuhi kriteria pemberi beasiswa.

Selain TOEFL ITP, lembaga pemberi beasiswa juga cenderung mempertimbangkan faktor-faktor lain. Beberapa diantaranya adalah prestasi akademik, rekomendasi, esai motivasi, dan pengalaman lainnya dalam proses seleksi penerima beasiswa.

Baca Juga: Jenis TOEFL Untuk Beasiswa Luar Negeri

Agar kamu dapat meningkatkan skor TOEFL ITP untuk beasiswa luar negeri, ikuti kelas TOEFL ITP Preparation ICAN English. Kamu akan belajar di lingkungan yang sudah dirancang sesuai tujuan tes. Ada juga tutor berpengalaman yang akan memastikan kegiatan belajar berjalan intensif.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web