Kursus bahasa Inggris terbaik

Trik Memilih Kursus Bahasa Inggris Terbaik

Jan 17, 2022 | Bahasa Inggris

Dengan begitu banyak pilihan, mencari tempat kursus bahasa Inggris terbaik tidaklah mudah. Memilih tempat kursus yang tidak mampu memenuhi kebutuhan belajar justru hanya membuang waktu maupun biaya.

Jika kamu salah pilih tempat, justru kamu belajar pada tempat dimana tidak menyediakan metode pembelajaran yang yang efektif. Sehingga materi belajar jadi membingungkan, hanya fokus pada keterampilan pasif, dan materi yang kurang berkualitas karena sumber daya manusia yang tidak kompeten.

Baca Juga: REKOMENDASI KURSUS BAHASA INGGRIS DI JAKARTA

Cara Pilih Kursus Bahasa Inggris

Agar kamu tidak salah pilih tempat kursus bahasa Inggris terbaik maka kamu dapat menggunakan panduan lengkap dari ICAN English sebagaimana berikut:

1. Pengalaman dan kualifikasi tenaga pendidik

Tenaga pendidik adalah poin pertama yang harus kamu perhatikan ketika sedang memilih tempat kursus bahasa Inggris. Guru yang kurang kompeten justru hanya membuat kamu semakin bingung mempelajari bahasa ini.

Karena tidak mempunyai keterampilan yang cukup, maka hasil belajar selama di lembaga khusus tersebut akan kurang efektif. Bahkan juga bisa membuat kamu merasa tidak bersemangat atau tidak percaya diri.

Tidak sedikit pelajar memilih berhenti mengikuti pembelajaran di lembaga kursus karena merasa kurang cocok dengan metode yang digunakan oleh tenaga pendidik. Seorang guru bahasa berkualitas pasti mampu menguasai grammar, linguistik, mampu melakukan komunikasi secara lisan maupun tulisan.

Bahkan seorang guru juga harus mempunyai kemampuan bahasa tubuh untuk membuat para siswa tertarik mengikuti pembelajaran dari awal hingga akhir. Jadi, kamu wajib memastikan bahwa tenaga pendidik pada tempat kursus bahasa Inggris tersebut mempunyai pengalaman dan kualifikasi berkualitas yang sudah diakui secara internasional

Contoh, tempat kursus harus bisa membuktikan adanya sertifikat Teaching English for Speakers of Other Languages atau TESOL. Bukti ini penting agar memastikan SDM benar-benar profesional pada bidang pengajaran.

2. Fasilitas dan suasana kelas

Hasil penelitian menunjukkan bahwa suasana belajar yang positif akan memberikan dampak besar terhadap hasil pembelajaran. Hal ini juga berlaku jika kamu memilih tempat kursus bahasa Inggris terbaik.

Proses pembelajaran berkualitas dapat terjadi dengan adanya interaksi dan kolaborasi. Sehingga apabila tempat kursus bahasa Inggris mampu menyediakan kelas dengan model student-centered classroom, akan menghasilkan dinamika pembelajaran positif.

Kamu juga bisa melakukan survei langsung terkait seperti apa kelas yang ditawarkan oleh tempat kursus tersebut. Kamu akan belajar lebih nyaman jika kelas mempunyai pencahayaan natural. Kenyamanan adalah hal penting supaya kamu bisa menyerap seluruh materi pembelajaran secara efektif.

Suasana kelas juga harus kamu perhatikan walaupun program kursus tersebut berjalan secara online. Suasana belajar positif dapat kamu nikmati apabila kelas tersebut menggunakan teknologi baru dengan model pembelajaran interaktif.

3. Customer service

Ketika kamu ingin mendaftar pada tempat kursus bahasa Inggris terbaik, pasti mempunyai bagian customer service profesional. Customer service yang mampu memberikan layanan secara ramah, profesional, dan responsive.

Customer service wajib mengetahui secara mendalam tentang apa saja program yang tersedia pada tempat kursus tersebut adalah pertanda bahwa kamu sedang dilayani oleh customer service pada lembaga kursus yang berkualitas.

Tugas utama customer service adalah menawarkan program bahasa Inggris yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Jika interaksi dengan staf customer service lancar maka mereka siap membantu segala hal terkait kebutuhan belajar dengan lembaga kursus tersebut.

4. Materi belajar

Salah satu komponen penting ketika kamu sedang mencari tempat kursus bahasa Inggris adalah memperhatikan apa materi belajar yang ditawarkan. Materi belajar sangat mempengaruhi keberhasilan kamu dalam meningkatkan kemampuan dan keterampilan bahasa Inggris.

Materi bisa berupa buku latihan, materi terintegrasi teknologi, materi audio visual, ataupun buku cetak. Jika content materi tersebut berkualitas maka akan membantu kamu lebih mudah dalam menguasai dan memahami materi. Sebaliknya, jika materi yang disusun ternyata tidak lengkap, tidak sesuai dengan kebutuhan pelajar, maka justru membuat kamu hanya merasa bingung dalam mempelajarinya.

Itulah mengapa lembaga kursus bahasa Inggris pasti memberikan materi dari beberapa penerbit terkemuka. Contohnya adalah Oxford University Press, Cambridge University Press, Pearson, ataupun Longman.

Hindari memilih tempat kursus bahasa Inggris yang hanya menggunakan lembaran kertas fotocopy pada setiap pertemuan kelas. Hal ini menunjukkan bahwa sumber materi yang tidak terintegrasi serta kurikulum yang tidak jelas.

5. Metode pembelajaran

Tempat kursus bahasa Inggris terbaik pasti akan memperhatikan metode pembelajaran. Metode yang digunakan dapat mempengaruhi keberhasilan hasil belajar para siswanya. Itulah mengapa kamu harus mencari tempat kursus yang menyediakan metode pembelajaran interaktif dan komunikatif.

Belajar bahasa Inggris artinya kamu ingin meningkatkan kemampuan berkomunikasi, sehingga metode pembelajaran yang tepat adalah bagaimana supaya kamu merasa percaya diri ketika berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris.

Saat ini sudah banyak siswa mempunyai kemampuan bahasa Inggris pasif karena sudah belajar tata bahasa langsung di pendidikan formal atau sekolah. Akan tetapi tidak semua siswa mampu berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris secara lancar karena justru keahlian komunikasi ini tidak diajarkan di sekolah. Metode pembelajaran komunikatif di tempat kursus bahasa Inggris akan membantu meningkatkan keahlian bahasa terutama untuk skill komunikasi.

Sekarang kamu sudah tahu banyak hal tentang bagaimana cara memilih tempat kursus bahasa Inggris terbaik. Selanjutnya, kamu mungkin bertanya-tanya berapa lama waktu yang kamu perlukan untuk mengikuti kursus bahasa Inggris.

Baca Juga: TRIK MEMILIH KURSUS BAHASA INGGRIS TERBAIK

Bisakah Kursus Bahasa Inggris Hanya 1 Bulan Dan Lancar?

Apakah waktu 1 bulan sudah cukup agar kemampuan bahasa lancar? Jika kamu membutuhkan peningkatan kemampuan bahasa dalam waktu 1 bulan saja melalui lembaga kursus, maka kamu harus mengambil program intensif selama 1 bulan. Tidak semua lembaga kursus menyediakan program seperti ini.

Biasanya program yang ditawarkan untuk menguasai bahasa Inggris secara lancar yaitu dalam waktu 3 sampai 6 bulan. Selain itu, apabila ada program intensif dalam waktu tersebut, maka kamu harus masuk kursus setiap hari dan memprioritaskan kemampuan berbicara atau speaking. Materi yang akan kamu pelajari adalah tata bahasa dasar, vocabulary untuk percakapan sehari-hari, dan praktek berbicara bahasa Inggris secara spontan.

Kamu bisa menemukan lembaga les yang menyediakan program 1 bulan bisa lancar bahasa Inggris pada beberapa kota besar dengan cara menyediakan tenaga pendidik native speaker atau tutor asing. Beberapa tutor juga bisa berasal dari Finlandia atau Jerman, sehingga bukan native speaker tapi sudah mempunyai kemampuan bahasa Inggris setara dengan penutur asli.

Bahkan adanya program 1 bulan bisa lancar bahasa Inggris melalui kursus bahasa Inggris juga tersedia dengan adanya sistem asrama. Sistem asrama merupakan salah satu langkah terbaik untuk bisa lancar berbahasa Inggris dalam waktu 1 bulan.

Dalam sistem tersebut, penyedia les bahasa akan melakukan modifikasi sehingga menciptakan lingkungan, memaksa para pelajar agar menggunakan bahasa Inggris setiap harinya. Cara ini terbukti bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris secara cepat.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

3 Game Online Seru untuk Belajar Bahasa Inggris

3 Game Online Seru untuk Belajar Bahasa Inggris

Memainkan game seru untuk belajar bahasa inggris adalah sarana belajar sambil bermain yang kekinian, praktis, dan menyenangkan. Main game sambil belajar juga merupakan cara terbaik menikmati me time tetapi sambil mendapatkan materi pembelajaran baru. Sehingga,...

Contoh Kalimat Pengandaian dalam Bahasa Inggris

Contoh Kalimat Pengandaian dalam Bahasa Inggris

Kalimat pengandaian dalam bahasa Inggris atau disebut sebagai conditional sentence merupakan salah satu bentuk ungkapan dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk menanyakan sesuatu yang diharapkan atau diandaikan. Bentuk kalimat ini juga dapat digunakan untuk...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH