apa saja ielts speaking topics yang harus dipelajari?

Apa Saja IELTS Speaking Topics yang Harus Dipelajari?

IELTS Speaking Topics harus kamu ketahui untuk mempelajari penguasaan ujian berbicara dalam bahasa Inggris dalam IELTS. Karena kita tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa ibu, tentu materi  speaking  dalam tes IELTS  menjadi hal yang sulit untuk dilakukan.

Bagian  speaking  banyak membuat pelajar merasa cemas dan tidak percaya diri, karena mereka harus berbicara secara langsung di depan panitia atau penguji,  sehingga membuat waktu untuk merespon dan berpikir menjadi lebih singkat.

Agar mendapatkan skor maksimal dalam tes IELTS,  materi speaking juga harus mendapatkan nilai yang baik. Mempersiapkan diri menghadapi speaking, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah memahami  topik apa saja yang akan dibicarakan dalam ujian tersebut.

Memahami Topik dalam IELTS Speaking

Sebagian  speaking dalam IELTS  membutuhkan durasi yang jauh lebih pendek jika dibandingkan dengan beberapa materi lainnya. Untuk  speaking section  hanya membutuhkan durasi 11 – 14  menit. Kamu dengan durasi yang singkat tersebut, kamu harus mempersiapkan diri dengan baik sebab rasanya akan sama karena tekanan yang dirasakan.

Nantinya kamu akan mendapatkan satu tempat dengan panitia yang akan mewawancarai dan melakukan percakapan. Percakapan yang akan dilakukan akan direkam. Beberapa lembaga ada yang membuat  speaking section  dilakukan pada hari yang sama dengan beberapa tes lainnya, seperti  writing,  reading, dan  listening. Tetapi ada juga beberapa lembaga yang menjadwalkan pada hari yang berbeda.

Topik pembahasan yang akan dilakukan pada bagian  speaking  harus dikuasai dengan baik oleh peserta. Tes ini akan dibagi menjadi tiga bagian, yaitu:

Baca Juga:
Materi Question Tag: Pengertian, Pola dan Contoh

Part 1 Introduction

Pertama ada introduction atau pengenalan dan wawancara yang akan dilakukan, di mana para penguji akan mengajukan pertanyaan tentang diri kamu dan kehidupan yang dijalani. Tapi pembicaraan ini biasanya lebih mudah untuk dijawab daripada lainnya, sebab hanya  membicarakan seputar diri kamu sendiri dengan pertanyaan sederhana, seperti

  • Can you tell me where you live?
  • Do you work or study?
  • What do you do in your free time? 

Dengan beberapa pertanyaan tersebut tentu kamu bisa menyusun jawaban dengan sederhana dan menggunakan tata bahasa yang tepat.

Part 2 Long Turn

Pertanyaan selanjutnya pengunci akan memberikan kamu kartu dengan topik yang berbeda-beda. Banyak yang menyebut bahwa kartu tersebut adalah “kartu isyarat”,  di mana kamu hanya membutuhkan waktu 1 menit untuk mempersiapkan diri memberikan tanggapan terkait Topik dalam kartu tersebut.

Kemudian kamu akan mendapatkan kesempatan sekitar 1 – 2  menit terkait topik tersebut. Jangan khawatir,  sebab pihak penguji akan menghentikan kamu  ketika sudah mencapai waktu 2 menit.

Apa saja topik yang akan dipelajari dalam part 2? Tentu saja sangat beragam dan tidak bisa diprediksi tetapi topik tersebut tentu bisa dibicarakan oleh siapapun di dunia. Berikut ini beberapa topik yang  mungkin  akan muncul  untuk part 2;

  • Describe a time when you were really proud of yourself.
  • Talk about a hobby that you enjoy.
  • Tell me about a place that you have visited that you really liked.

Ada berbagai macam topik yang bisa dipelajari informasi sehingga kamu sudah mulai membiasakan diri dengan cara latihan berbincang  bersama teman atau tutor di tempat kursus bahasa Inggris.

Baca Juga:
Panduan IELTS Speaking Questions & Topics 2023

Part 3 Diskusi

Setelah memberikan tanggapan terkait topik tertentu yang didapatkan dari kartu dengan durasi pendek, part  adalah diskusi terkait topik dalam kartu tersebut. Jadi pihak pengunci akan menanyakan pertanyaan yang lebih rinci terkait topik di bagian 2 sebelumnya.

Mereka juga menanyakan terkait topik lain yang memiliki kaitannya. Biasanya pihak pengujakan membahas topik dan berbicara secara abstrak, kemudian memberikan beberapa jenis pertanyaan akademis, dan lain sebagainya.

Ada beberapa contoh topik diskusi yang mungkin didapatkan dalam tes speaking IELTS, seperti berikut;

  • Do you think people should return to their hometowns after finishing school or university?
  • What are the benefits of living in a big city?
  • What are the advantages and disadvantages of taking up a new hobby?

Pelajari berbagai macam topik tersebut agar kamu lebih mudah untuk menjawab berbagai macam pertanyaan dan melakukan diskusi dengan baik. Tapi Jika kamu memiliki penguasaan bahasa Inggris dengan pelafalan yang tepat, proses diskusi bisa aja berjalan dengan lancar dan kamu bisa mengutarakan pendapat terkait topik tersebut dengan baik.

Baca Juga:
Ini Materi IELTS Speaking Practice

Apa Saja yang Dinilai Ketika IELTS Speaking?

Bagi yang belum pernah melakukan tes IELTS,  ada beberapa hal yang akan dinilai dalam   speaking section  dan wajib diketahui, yaitu:

Poin yang berpengaruh sampai akhir:

  • Bagaimana cara memutarkan opini dan informasi terkait topik yang telah diberikan
  • Seberapa panjang penyampaian jawaban
  • Bagaimana cara peserta untuk mengorganisir pemikiran serta mengekspresikannya dengan jelas
  • Bagaimana cara peserta melakukan analisa, melakukan diskusi, serta mempertimbangkan topik-topik secara umum.

Agar mendapatkan nilai yang tinggi, kamu harus melakukan beberapa hal berikut:

  • Cobalah berbicara dengan lancar dan jelas
  • Coba menggunakan kosakata yang tepat
  • Pastikan tata bahasa digunakan secara akurat
  • Pelafalan harus tepat

Jika kamu melakukan beberapa cara tersebut tentu akan mudah bagi penguji untuk memberikan nilai tinggi dalam  sesi  speaking. Tetapi untuk bisa menguasai Bagaimana cara berbicara dengan jelas, memiliki  banyak kosakata dan tepat penggunaannya, memahami tata bahasa dengan tepat, serta pelafalan yang benar tentu tidak mudah dilakukan.

Oleh karena itu disarankan agar kamu bergabung dengan kursus persiapan IELTS profesional untuk menguasai semua  yang dibutuhkan dalam tes IELTS. ICAN English Bisa menjadi pilihan yang tepat, ada berbagai macam metode pembelajaran yang menarik dilakukan. Latihan soal dengan tutorial profesional juga akan dilakukan, sehingga bisa memperbaiki kelemahan kamu dalam hal  speaking.

Jika ingin menguasai bagian speaking  secara maksimal dalam tes IELTS,  disarankan agar kamu memahami topik yang akan dibicarakan,  kemudian mampu berbicara dengan jelas,  menggunakan kosakata  yang tepat,  menggunakan tata bahasa akurat,  serta memiliki pelafalan yang tepat dalam  bahasa Inggris.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi