Cara membuat present tense

Cara Membuat Kalimat Present Tense, Rumus Lengkap!

Jul 25, 2022 | Bahasa Inggris

Mencari tahu tentang cara membuat kalimat present tense dan memahami rumus nya, tentu saja akan memudahkan kamu untuk berbagai kegiatan akademik, berkomunikasi dengan seseorang, atau untuk mengerjakan soal ujian bahasa inggris. sehingga, kamu bisa menjawab dengan tepat tanpa harus kebingungan apabila sudah mengetahui cara dan rumusnya.

Baca Juga: KALIMAT NEGATIF SIMPLE PRESENT TENSE

Cara Membuat Kalimat Present Tense

Ketika belajar bahasa inggris, kamu tidak akan terlepas dari materi pembelajaran tenses, salah satu bentuknya yakni simple present tense. Dalam membuat kalimat present tense terdapat beberapa hal yang harus diketahui yakni Subjek, To be, Verb , Complement, dan Adverb. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan mengenai cara membuat kalimat present tense!

1. Subjek

Kamu pasti memahami apa itu subjek, karena sama seperti dalam bahasa indonesia subjek merupakan pelaku, atau dalam bahasa inggris bisa juga berupa bentuk Pronoun (kata ganti). Ada 7 kata dalam bahasa inggris yang memiliki fungsi sebagai subjek; They (mereka), We (kami), I (saya), You (kamu), She (dia –perempuan-), It (dia –benda-), He (dia (laki-laki).

2. Mengenal dan memahami Verb 1

Selanjutnya, dalam dalam cara membuat kalimat present tense harus mengandung verb 1. Verb 1 adalah bentuk kata kerja asli, atau bentuk kata kerja yang menunjukan waktu sekarang. Untuk lebih memahaminya maka lihat contoh di bawah ini.

Lily and albert need time to know each other (Lili dan Albert butuh waktu untuk mengenal satu sama lain). Kata “need” yang digaris bawahi tersebut merupakan salah satu bentuk verb 1 yang merupakan bentuk awal dari kata tersebut.

3. Jika tidak ada Verb menggunakan kata ganti To be + Complement

Kamu perlu mengetahui bahwa tidak semua kalimat dalam bahasa inggris menggunakan verb, ada juga kalimat yang tidak menggunakan verb yang biasa di sebut non verbal. Pengganti verb tersebut adalah To be yang merupakan suatu kata penghubung kalimat. To be dibagi menjadi 3 : Are, Is, I am. Penggunaan To be tergantung dari subjek yang dipilihnya.

3. Complement

Secara simple complement adalah kalimat non verbal, untuk mengetahui complement lebih detail dibagi menjadi beberapa bentuk Noun (kata benda), Adjective (kata sifat), Adverb (kata keterangan). Fungsi complement dalam simple present tense yakni sebagai pelengkap dalam kalimat. Namun, hal tersebut tidaklah wajib atau tidak harus selalu ada dalam kalimat.

4. Tambahkan adverb untuk membuat kalimat yang lebih lengkap

Selain complement kamu juga bisa menambahkan adverb atau kata keterangan ketika hendak membuat kalimat present tense dalam bahasa inggris. Namun, bagian ini juga tida harus selalu ada.

Jika kamu ingin membuat kalimat yang lebih lengkap maka boleh ditambahkan. Adapun, adverb dibagi kedalam beberapa bentuk diantaranya; adverb of time, place, quantity, manner, dan sebagainya.

5. Fungsi dari kalimat simple present

Selain untuk menyatakan suatu kejadian yang berlangsung di waktu sekarang. Mengutip dari British Council present tense adalah jenis tense yang digunakan untuk berbicara mengenai tindakan atau peristiwa yang berulang atau permanen, pernyataan atau suatu hal yang benar atau fakta.

Baca Juga: CONTOH KALIMAT SIMPLE FUTURE TENSE

Rumus untuk Membuat Kalimat Present Tense

Jika kamu ingin mempelajari bahasa Inggris secara lengkap, kamu bisa bergabung dalam kursus bahasa Inggris di ICAN English. Kami memiliki kelas persiapan yang lengkap agar kamu bisa belajar bahasa Inggris secara maksimal.

Setelah mengetahui berbagai aspek pembentuk kalimat pada tenses ini, berikut merupakan beberapa rumus yang bisa digunakan dalam pembentukan kalimatnya. Pertama yaitu bentuk kalimat simple present positif: subjek + infinitive (V1) / to be (is, am, are) + Objek.

Selanjutnya untuk bentuk kalimat simple present Negatif: subjek + to be (is, am, are) + not + Objek. Yang terakhir, simpe present tense untuk kalimat Introgatif : to be (is, am, are) + Subjek + infinitive (V1) + O?

Itulah cara membuat kalimat present tense dan rumusnya, agar kamu lebih menguasai dan memahami kalimat present tense perbanyak latihan. selain pengetahuan kosakata bahasa inggris, pemahaman dalam membuat kalian juga sangat penting dalam mengembangkan pengetahuan kalian dalam bahasa inggris.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Tips Belajar Bahasa Inggris Sampai Expert

Tips Belajar Bahasa Inggris Sampai Expert

Belajar Bahasa Inggris yang bagus adalah dengan menyematkan tingkatan sesuai dengan kemampuan. Tingkatan yang paling mahir dikenal dengan tingkat Expert. Tentu saja untuk bisa sampai ke level tersebut kamu perlu belajar dengan extra giat dan teratur supaya bisa sampai...

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Kursus Bahasa Inggris saat ini bisa kamu temukan dengan sangat mudah. Di berbagai kota bahkan secara online juga membuka kursus Bahasa Inggris bagi siapapun. Akan tetapi, dengan banyaknya tempat kursus Bahasa Inggris kamu juga harus bisa menyeleksi mana yang paling...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH