cara membuat kalimat present tense, rumus lengkap!

Cara Membuat Kalimat Present Tense, Rumus Lengkap!

Mencari tahu tentang cara membuat kalimat present tense dan memahami rumus nya, tentu saja akan memudahkan kamu untuk berbagai kegiatan akademik, berkomunikasi dengan seseorang, atau untuk mengerjakan soal ujian bahasa inggris. sehingga, kamu bisa menjawab dengan tepat tanpa harus kebingungan apabila sudah mengetahui cara dan rumusnya.

Cara Membuat Kalimat Present Tense Yang Harus Kamu Ketahui

Ketika belajar bahasa inggris, kamu tidak akan terlepas dari materi pembelajaran tenses, salah satu bentuknya yakni simple present tense. Dalam membuat kalimat present tense terdapat beberapa hal yang harus diketahui yakni Subjek, To be, Verb , Complement, dan Adverb. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan mengenai cara membuat kalimat present tense!

Subjek

Kamu pasti memahami apa itu subjek, karena sama seperti dalam bahasa indonesia subjek merupakan pelaku, atau dalam bahasa inggris bisa juga berupa bentuk Pronoun (kata ganti). Ada 7 kata dalam bahasa inggris yang memiliki fungsi sebagai subjek; They (mereka), We (kami), I (saya), You (kamu), She (dia (perempuan-), It (dia (benda-), He (dia (laki-laki).

Mengenal dan memahami Verb 1

Selanjutnya, dalam dalam cara membuat kalimat present tense harus mengandung verb 1. Verb 1 adalah bentuk kata kerja asli, atau bentuk kata kerja yang menunjukan waktu sekarang. Untuk lebih memahaminya maka lihat contoh di bawah ini.

Lily and albert need time to know each other (Lili dan Albert butuh waktu untuk mengenal satu sama lain). Kata need yang digaris bawahi tersebut merupakan salah satu bentuk verb 1 yang merupakan bentuk awal dari kata tersebut.

Jika tidak ada Verb menggunakan kata ganti To be + Complement

Kamu perlu mengetahui bahwa tidak semua kalimat dalam bahasa inggris menggunakan verb, ada juga kalimat yang tidak menggunakan verb yang biasa di sebut non verbal. Pengganti verb tersebut adalah To be yang merupakan suatu kata penghubung kalimat. To be dibagi menjadi 3 : Are, Is, I am. Penggunaan To be tergantung dari subjek yang dipilihnya.

Baca Juga:
Pentingnya Kursus Bahasa Inggris untuk Karyawan

Complement

Secara simple complement adalah kalimat non verbal, untuk mengetahui complement lebih detail dibagi menjadi beberapa bentuk Noun (kata benda), Adjective (kata sifat), Adverb (kata keterangan). Fungsi complement dalam simple present tense yakni sebagai pelengkap dalam kalimat. Namun, hal tersebut tidaklah wajib atau tidak harus selalu ada dalam kalimat.

Tambahkan adverb untuk membuat kalimat yang lebih lengkap

Selain complement kamu juga bisa menambahkan adverb atau kata keterangan ketika hendak membuat kalimat present tense dalam bahasa inggris. Namun, bagian ini juga tida harus selalu ada.

Jika kamu ingin membuat kalimat yang lebih lengkap maka boleh ditambahkan. Adapun, adverb dibagi kedalam beberapa bentuk diantaranya; adverb of time, place, quantity, manner, dan sebagainya.

Baca juga:
Rumus Adverb Of Manner Dan Cara Penggunaannya

Fungsi dari kalimat simple present

Selain untuk menyatakan suatu kejadian yang berlangsung di waktu sekarang. Mengutip dari British Council present tense adalah jenis tense yang digunakan untuk berbicara mengenai tindakan atau peristiwa yang berulang atau permanen, pernyataan atau suatu hal yang benar atau fakta.

Baca Juga:
Seputar Aturan Ejaan Bahasa Inggris

Rumus untuk Membuat Kalimat Present Tense

Jika kamu ingin mempelajari bahasa Inggris secara lengkap, kamu bisa bergabung dalam kursus bahasa Inggris di ICAN English. Kami memiliki kelas persiapan yang lengkap agar kamu bisa belajar bahasa Inggris secara maksimal.

Setelah mengetahui berbagai aspek pembentuk kalimat pada tenses ini, berikut merupakan beberapa rumus yang bisa digunakan dalam pembentukan kalimatnya. Pertama yaitu bentuk kalimat simple present positif: subjek + infinitive (V1) / to be (is, am, are) + Objek.

Selanjutnya untuk bentuk kalimat simple present Negatif: subjek + to be (is, am, are) + not + Objek. Yang terakhir, simpe present tense untuk kalimat Introgatif : to be (is, am, are) + Subjek + infinitive (V1) + O?

Itulah cara membuat kalimat present tense dan rumusnya, agar kamu lebih menguasai dan memahami kalimat present tense perbanyak latihan. selain pengetahuan kosakata bahasa inggris, pemahaman dalam membuat kalian juga sangat penting dalam mengembangkan pengetahuan kalian dalam bahasa inggris.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi