Cara menentukan to be pada passive voice

Cara Menentukan To Be Pada Passive Voice

Mar 16, 2022 | Bahasa Inggris

Passive voice dalam bahasa inggris merupakan jenis kalimat yang menekankan pada objek. Karena fokus kalimat ini menekankan pada subjek dan objek dalam kalimat, naka kamu perlu paham penggunaan pronoun dan verb yang tentu saja perlu to be yang berbeda-beda. Lantas bagaimana cara menentukan to be pada passive voice?

Secara sederhana, dalam kalimat jenis passive voice kamu hanya perlu menempatkan to be setelah subjek (pelaku), kemudian diikuti dengan Verb 3 (kata kerja jenis ke-3). Namun, to be yang digunakan tentu saja berbeda-beda sesuai dengan tenses (keterangan waktu) yang digunakan dalam kalimat.

Baca Juga: MENGENAL PENGGUNAAN VERB 3 DAN CONTOHNYA

Cara Menentukan To Be Pada Passive Voice Beserta Contoh Penggunaanya

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa setiap tenses dalam bahasa inggris memiliki rumus yang berbeda. Sehingga, untuk dapat menguasainya kamu perlu memahami konsepnya dengan benar. Ketika belajar bahasa Inggris, kamu perlu memahaminya dengan benar. Berikut merupakan cara menentukan to be pada passive voice.

1. Passive voice : simple present tense

Bentuk passive voice yang pertama yaitu, model simple present tense. Adapun, cara menentukan tobe pada passive voice jenis ini yaitu, menggunakan to be am/are/is dengan rumus : S + am/are/is + V3 (Verb 3).

Contoh penggunaanya seperti : they are allowed to join the show by their teacher (mereka diizinkan untuk mengikuti pertunjukan oleh gurunya). To be yang digunakan dalam kalimat tersebut yaitu are yang menunjukan subjeknya jamak, lalu diikuti oleh V3 allowed dari kata allow.

2. Passive voice : simple past tense

Berikutnya untuk model simple past tense. Adapun to be yang digunakan dalam pembentukan kalimat passive voice tenses ini yaitu menggunakan was/were dengan rumus : S + was/were + past participle (V3).

Contoh penggunaannya yakni : this candy was made by my uncle yesterday (permen ini dibuat oleh pamanku kemarin). Subjek this candy menunjukan sesuatu yang tunggal, sehingga harus diikuti oleh to be was yang merupakan keterangan untuk subjek tunggal dan diikuti oleh V3 dari kata make.

3. Passive voice : simple future tense

Berikutnya, bentuk passive voice dari simple future tense yang menunjukkan waktu di masa mendatang. Adapun to be yang digunakan yaitu will be, dengan rumus : S + will be + past participle.

Contoh penggunaannya yakni : this essay will be written by sir Arthur (essay ini akan ditulis oleh bapak Arthur). Kata this essay merupakan kata ganti dari subjek it yang berupa benda, lalu verb yang digunakan merupakan bentuk V3 dari kata write.

4. Passive voice : simple past future

Bentuk passive voice berikutnya yaitu, simple past future. Adapun to be yang digunakan dalam model passive voice ini yaitu would be/should be dengan rumus : S + would be/should be + past participle.

Contoh penggunaanya yakni : you should be here (kamu seharusnya disini). To be “should” digunakan untuk subjek kata ganti orang pertama I, you, we, they. Sedangkan, to be would be” digunakan untuk subjek kata ganti orang ketiga seperti he, she, it.

5. Passive voice : continuous tense

Selanjutnya, terdapat jenis passive voice continuous tense. Jenis ini berlaku untuk keterangan waktu present, past, dan future. Adapun penggunaan to be dalam passive voice jenis ini hampir serupa dengan penggunaan to be sesuai dengan tenses waktu present dan past, tetapi, setelah to be ditambahkan kata “being”. Dan untuk  future agak sedikit berbeda.

Agar lebih jelas kamu dapat memahami rumusnya. Pertama, untuk present continuous tense : S + am/are/is + being + V3. Kemudian, untuk past continuous tense : S + was/were + being + V3. Terakhir, untuk future continuous tense : S + am/are/is + going to be + V3.

6. Passive voice : perfect tense

Bentuk passive voice yang terakhir yaitu model perfect tense yang setelah to be diikuti oleh kata been. Untuk model present, to be yang digunakan yaitu  “has/have”, lalu untuk tenses past menggunakan “had”, dan tenses future menggunakan “will have”

Baca Juga: CONTOH PENGGUNAAN VERB ING

Cara menentukan to be pada passive voice berbeda-beda sesuai dengan tenses yang digunakan. Sehingga, penting untuk memahami konsepnya. Agar penguasaan materi passive voice kamu lebih bagus, sebaiknya lakukan latihan secara rutin.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

5 Layanan Terjemahan Bahasa Inggris Terbaik, Mengartikan Jadi Mudah

5 Layanan Terjemahan Bahasa Inggris Terbaik, Mengartikan Jadi Mudah

Saat ini, kamu tidak perlu harus membawa kamus kemanapun pergi jika ingin mengartikan bahasa inggris. Adanya teknologi memudahkan siapapun yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa inggris dengan cara memanfaatkan berbagai situs atau layanan terjemahan. Hanya dengan...

3 Game Online Seru untuk Belajar Bahasa Inggris

3 Game Online Seru untuk Belajar Bahasa Inggris

Memainkan game seru untuk belajar bahasa inggris adalah sarana belajar sambil bermain yang kekinian, praktis, dan menyenangkan. Main game sambil belajar juga merupakan cara terbaik menikmati me time tetapi sambil mendapatkan materi pembelajaran baru. Sehingga,...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH