Cara Menyenangkan Belajar Bahasa Inggris

Cara Menyenangkan Belajar Bahasa Inggris

Ketika kamu merasa bahwa tidak mudah belajar dari textbook, maka kamu akan mencari apa saja cara menyenangkan belajar bahasa inggris. Adalah anggapan yang tidak tepat kalau berpikir jika textbook adalah satu-satunya sumber belajar. Bahasa inggris merupakan Bahasa yang dapat kamu pelajari dengan berbagai cara menyenangkan.

Bahkan, kamu bisa melakukan aktivitas apapun yang kamu sukai sambil belajar Bahasa inggris. Melakukan sesuatu yang disukai sebagai cara belajar akan membuat kamu lebih mudah memahami hal-hal terkait Bahasa inggris dengan lebih mudah.

3 Tips Asik Untuk Belajar Bahasa Inggris

Kali ini, ICAN English sebagai lembaga kursus Bahasa Inggris akan memberikan beberapa tips asik bagaimana bisa meningkatkan kemampuan Bahasa inggris dengan cara yang menyenangkan:

1. Membaca Buku

Cara belajar Bahasa inggris yang menyenangkan dan sangat sesuai bagi kamu yang punya hobi membaca, yaitu baca buku. Akan tetapi, membaca tersebut harus keluar dari zona nyaman agar kamu bisa meningkatkan kemampuan berbahasa inggris.

Kamu dapat memulai beli buku Bahasa inggris daripada beli buku Bahasa Indonesia. Kemudian, cari arti kosakata pada buku tersebut, terutama pada kalimat yang tidak kamu pahami. Cara ini dapat membantu agar kamu bisa meningkatkan kosakata dan belajar kalimat Bahasa inggris dari hal yang sangat sederhana sampai yang paling kompleks.

Selain novel, kamu juga bisa beli komik atau webtoon berbahasa inggris. Tidak hanya membaca, jadi kamu juga bisa belajar dari buku-buku tersebut.

2. Main Scrabble

Apa itu scrabble yaitu sebuah permainan yang bisa dimainkan oleh dua hingga empat orang. Para pemain tersebut harus bersaing agar bisa membentuk berbagai kata Bahasa inggris dengan adanya semua kota kecil berhuruf di atas papan permainan.

Scrabble merupakan cara bermain paling menyenangkan sekaligus efektif dalam meningkatkan kosakata Bahasa inggris. Setiap huruf pada scrabble terdapat nilai. Artinya, semakin banyak huruf yang kamu gunakan membentuk kata Bahasa inggris, maka semakin banyak pula nilai yang kamu peroleh untuk menjadi pemenang.

Cara menyenangkan belajar bahasa inggris dengan scrabble juga dapat kamu gunakan dari game online yaitu Words with Friends. Akan lebih seru jika bermain dengan teman-teman dari dunia maya.

Baca Juga:
Keuntungan Bergabung dalam Komunitas Bahasa Inggris

3. Mengunakan Whiteboard

Ada beberapa ide belajar yang bisa kamu mulai ketika ingin meningkatkan kemampuan Bahasa inggris dengan cara menyenangkan. Cobalah untuk membuat daftar kata kerja dan pilih satu tense, lalu tulis perubahannya satu per satu di whiteboard.

Tes mengeja di whiteboard bisa juga dijadikan sebagai cara belajar menyenangkan. Cara adalah dengan mengajak partner belajar untuk membacakan beberapa kata, lalu kamu menulis ejaannya.

Atau, bisa juga dengan teknik dikte. Caranya yaitu mendengarkan klip pendek pada video, atau podcast, atau acara radio. Kemudian, cobalah menulis apa yang kamu dengar dengan tepat. Apabila audio tersebut disertai transkrip, maka kamu bisa mengecek setelahnya.

Baca Juga:
Kendala Besar Ketika Belajar Bahasa Inggris

Teknik Belajar Bahasa Inggris yang Menyenangkan

Sekarang, kamu sudah mengetahui beberapa cara menyenangkan belajar bahasa inggris. Cara lainnya yang tidak kalah menyenangkan yaitu dengan bermain game daring seperti LyricsTraining.

Memainkan game tersebut menggunakan write mode artinya kamu akan memasukkan lirik lagu yang hilang, sedangkan choice mode adalah mode memilih kata hilang dari pilihan jawaban yang ada.

Kalau ingin belajar lebih menyenangkan lagi, cobalah bergabung dengan komunitas Bahasa inggris. Ada banyak komunitas yang bisa kamu temukan, di kampus ataupun di sosial media. Misalnya, kamu bisa bergabung dalam komunitas Debat Bahasa inggris atau komunitas pecinta film Bahasa inggris.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi