ketahui berapa lama masa berlaku sertifikat toefl

Ketahui Berapa Lama Masa Berlaku Sertifikat TOEFL

Berapa masa berlaku TOEFL, apakah ada masa expired? Pada dasarnya sertifikat memiliki masa berlaku masing-masing. Sangat jarang yang memiliki masa berlaku seumur hidup apalagi menyangkut dengan kompetensi. Sebab suatu kompetensi selalu akan diperbarui standarnya. Mengikuti perkembangan pendidikan, teknologi, permintaan instansi tertentu dan alasan lainnya.

Mengenal Masa Berlaku TOEFL ITP dan IBT

TOEFL ITP dan IBT adalah dua jenis sertifikasi yang umum digunakan untuk keperluan pendidikan. Bisa untuk mendaftar seleksi mahasiswa dalam negeri maupun luar negeri. Mengacu pada score tertentu sesuai dengan syarat dan ketentuan universitas tujuan. Keduanya memiliki masa berlaku dua tahun.

Baca Juga:
Cara Memaksimalkan Score TOEFL Untuk Beasiswa Luar Negeri

Masa berlaku dua tahun ini standar, dan bisa diterima secara awam. Umumnya kompetensi bahasa seseorang akan mengalami penurunan apabila jarang digunakan. Belum lagi tingkat kompleksitas yang bisa juga berubah. Maka perlu diperbarui kompetensi tersebut dan di-upgrade. Caranya mengikuti kursus dan melakukan tes kembali untuk mengetahui score.

Masa berlaku TOEFL ini sebetulnya cukup untuk mendaftar perguruan tinggi. Maka selalu dipersiapkan menjelang kelulusan sekolah, supaya tidak terlalu lama. Sebab seleksi masuk perguruan tinggi biasanya juga berlangsung dalam beberapa bulan. Jika kemudian diperlukan untuk syarat lain misalnya mendaftar beasiswa masih bisa dipakai jika dalam tahun yang sama.

TOEFL baik iBT maupun ITP mengukur kemampuan seseorang dalam mendengarkan, membaca, menulis serta berbicara. Dimana keempat kompetensi ini sudah mewakili keperluan berkomunikasi dengan baik dan benar. Dianggap bisa memahami dari semua aspek berbahasa Inggris.

Baca Juga:
Apa Saja Sertifikat Kemampuan Bahasa Inggris?

Poin Penting Terkait Masa Berlaku TOEFL

Mengingat masa berlakunya terbatas, ada beberapa hal penting perlu diperhatikan terkait sertifikasi TOEFL. Supaya penggunaannya sesuai dengan tujuan tanpa melewati batas waktu. Dibawah Ini adalah beberapa poin penting yang harus diperhatikan ketika ingin menggunakan sertifikat TOEFL sesuai kebutuhan, antara lain:

Perhatikan Waktu Penerimaan Sertifikat

Biasanya setelah mengikuti test, hasilnya akan keluar setelah 10 sampai 12 hari. Sebab instansi penyelenggara memerlukan waktu untuk koreksi, sampai pencetakan sertifikat secara resmi. Jadi sebaiknya tidak mendadak saat ikut tes supaya bisa dilampirkan saat membutuhkannya sebagai syarat dokumen.

Cek Score

Sebelum hasil tesnya keluar dalam bentuk sertifikat, kamu perlu menanyakan score. Jika diperlukan dalam seleksi perguruan tinggi atau pekerjaan, minimal bisa tahu apakah perlu mengulang atau tidak. Jika score dibawah standar, segera jadwalkan untuk tes ulang supaya tidak menunggu lama sampai sertifikat diterima ketika ingin menggunakannya untuk mendaftar universitas di luar negeri.

Penutup

Mengenai sertifikasi TOEFL yang banyak dibutuhkan terutama dalam dunia pendidikan dan pekerjaan, ada standar tertentu. Jadi jika kamu pernah ikut test, dapat sertifikat, kemudian ingin menggunakannya, perlu dipastikan apakah masih berlaku atau tidak.

Jika tidak, karena sudah sangat lama jaraknya dengan test, maka kamu perlu melakukan persiapan yang matang di tempat kursus persiapan TOEFL. Sehingga kamu bisa mendapatkan sertifikat TOEFL resmi yang terdaftar dan diakui secara global.

Sebagai antisipasi supaya tidak kembali mengulang, ambil kursus singkat misalnya satu atau dua bulan di tempat kursus persiapan TOEFL ICAN English. Sehingga bisa terpantau seberapa besar peluang mendapatkan score tinggi. Pada saat dibutuhkan sebagai syarat masuk universitas sudah siap dari nilai dan masa berlaku TOEFL juga masih baru.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi