Masa Berlaku TOEFL

Ketahui Berapa Lama Masa Berlaku Sertifikat TOEFL

Sep 7, 2022 | TOEFL

Berapa masa berlaku TOEFL, apakah ada masa expired? Pada dasarnya sertifikat memiliki masa berlaku masing-masing. Sangat jarang yang memiliki masa berlaku seumur hidup apalagi menyangkut dengan kompetensi. Sebab suatu kompetensi selalu akan diperbarui standarnya. Mengikuti perkembangan pendidikan, teknologi, permintaan instansi tertentu dan alasan lainnya.

Mengenai sertifikasi TOEFL yang banyak dibutuhkan terutama dalam dunia pendidikan dan pekerjaan, ada standar tertentu. Jadi jika kamu pernah ikut test, dapat sertifikat, kemudian ingin menggunakannya, perlu dipastikan apakah masih berlaku atau tidak.

Jika tidak, karena sudah sangat lama jaraknya dengan test, maka kamu perlu melakukan tes ulang di tempat kursus persiapan TOEFL di ICAN English. Sehingga kamu bisa mendapatkan sertifikat TOEFL resmi yang terdaftar dan diakui secara global.

Baca Juga: MENGENAL BERBAGAI JENIS SOAL TOEFL DAN SERTIFIKASINYA

Mengenal Masa Berlaku TOEFL ITP dan IBT

TOEFL ITP dan IBT adalah dua jenis sertifikasi yang umum digunakan untuk keperluan pendidikan. Bisa untuk mendaftar seleksi mahasiswa dalam negeri maupun luar negeri. Mengacu pada score tertentu sesuai dengan syarat dan ketentuan universitas tujuan. Keduanya memiliki masa berlaku 2 tahun.

Masa berlaku 2 tahun ini standar, dan bisa diterima secara awam. Umumnya kompetensi bahasa seseorang akan mengalami penurunan apabila jarang digunakan. Belum lagi tingkat kompleksitas yang bisa juga berubah. Maka perlu diperbarui kompetensi tersebut dan diupgrade. Caranya mengikuti kursus dan melakukan tes kembali untuk mengetahui score.

Masa berlaku TOEFL ini sebetulnya cukup untuk mendaftar perguruan tinggi. Maka selalu dipersiapkan menjelang kelulusan sekolah, supaya tidak terlalu lama. Sebab seleksi masuk perguruan tinggi biasanya juga berlangsung dalam beberapa bulan. Jika kemudian diperlukan untuk syarat lain misalnya mendaftar beasiswa masih bisa dipakai jika dalam tahun yang sama.

TOEFL baik iBT maupun ITP mengukur kemampuan seseorang dalam mendengarkan, membaca, menulis serta berbicara. Dimana keempat kompetensi ini sudah mewakili keperluan berkomunikasi dengan baik dan benar. Dianggap bisa memahami dari semua aspek berbahasa Inggris.

Baca Juga: MATERI DASAR BELAJAR TOEFL UNTUK PEMULA

Poin Penting Terkait Masa Berlaku TOEFL

Mengingat masa berlakunya terbatas, ada beberapa hal penting perlu diperhatikan terkait sertifikasi TOEFL. Supaya penggunaannya sesuai dengan tujuan tanpa melewati batas waktu. Dibawah Ini adalah beberapa poin penting yang harus diperhatikan ketika ingin menggunakan sertifikat TOEFL sesuai kebutuhan, antara lain:

Perhatikan Waktu Penerimaan Sertifikat

Biasanya setelah mengikuti test, hasilnya akan keluar setelah 10 sampai 12 hari. Sebab instansi penyelenggara memerlukan waktu untuk koreksi, sampai pencetakan sertifikat secara resmi. Jadi sebaiknya tidak mendadak saat ikut tes supaya bisa dilampirkan saat membutuhkannya sebagai syarat dokumen.

Cek Score

Sebelum hasil tesnya keluar dalam bentuk sertifikat, kamu perlu menanyakan score. Jika diperlukan dalam seleksi perguruan tinggi atau pekerjaan, minimal bisa tahu apakah perlu mengulang atau tidak. Jika score dibawah standar, segera jadwalkan untuk tes ulang supaya tidak menunggu lama sampai sertifikat diterima ketika ingin menggunakannya untuk mendaftar universitas di luar negeri.

Sebagai antisipasi supaya tidak kembali mengulang, ambil kursus singkat misalnya 1 atau 2 bulan di tempat kursus persiapan TOEFL ICAN English. Sehingga bisa terpantau seberapa besar peluang mendapatkan score tinggi. Pada saat dibutuhkan sebagai syarat masuk universitas sudah siap dari nilai dan masa berlaku TOEFL juga masih baru.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Tips Latihan Listening TOEFL dan Jawabannya

Tips Latihan Listening TOEFL dan Jawabannya

Kamu tentunya sudah tidak asing lagi dengan materi listening yang diujikan pada tes TOEFL. Materi listening ini umumnya akan berisi percakapan dua orang atau lebih mengenai sesuatu. Kamu sebagai peserta tes TOEFL diwajibkan mendengarkan dengan sesksama dan menjawab...

Apa Saja Materi Kursus TOEFL?

Apa Saja Materi Kursus TOEFL?

Bagi kamu yang baru mendengar tentang TOEFL, TOEFL adalah tes stkamur kemampuan bahasa Inggris untuk non-penutur asli bahasa Inggris yang bertujuan untuk bekerja atau belajar di negara di mana bahasa Inggris adalah bahasa resmi. Tes TOEFL biasanya digunakan oleh...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH