penggunaan grammar yang benar

Penggunaan Grammar yang Benar

Penggunaan grammar yang benar melibatkan pemahaman tata Bahasa yang baik ketika belajar bahasa Inggris. Materi ini terbilang penting karena grammar mempunyai beberapa aturan yang wajib kamu kuasai. Jika tidak menggunakan grammar secara benar, maka akan mempengaruhi ketepatan tata bahasa yang digunakan. Bahkan, tidak akan dapat dimengerti oleh orang lain. Contoh kalimat yang menggunakan grammar yang salah adalah The students have been studied.

Seseorang yang menulis kalimat tersebut mungkin ingin mengatakan bahwa para siswa telah selesai belajar namun kesalahan dalam penggunaan grammar sangat fatal sehingga membuat siapapun yang membaca kalimat ini akan merasa kebingungan. Jika kalimat tersebut diartikan, maka akan menjadi: Para siswa sudah selesai dipelajari. Bagaimana mungkin mempelajari para siswa?

3 Cara Menggunakan Grammar Yang Tepat

Jika kamu ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, maka mau tidak mau kamu harus belajar lebih banyak materi grammar. Aturan tata bahasa membantu agar kamu dapat menggunakan skill menulis dan berbicara dalam bahasa Inggris dengan tepat dan lancar. Berikut adalah beberapa penggunaan grammar yang benar sesuai aturan.

1. Kalimat Dasar

Penggunaan kalimat dasar dalam Bahasa Inggris harus terdiri dari kata benda atau noun dan kata kerja atau verb. Umumnya, noun berfungsi untuk subjek atau objek pada suatu kalimat, sedangkan verb adalah kata kerja atau predikat, contoh:

She eats noodle. Artinya: Dia makan mie.

She dan noddle adalah noun atau kata benda, she berfungsi sebagai subjek kalimat sedangkan noodle berfungsi sebagai objek kalimat. Sementara kata kerja yaitu ats, untuk menunjukkan apa kegiatan yang dilakukan oleh subjek dalam kalimat.

Baca Juga:
Aturan Grammar Bahasa Inggris yang Wajib Dihafal

2. Penggunaan Preposisi

Dalam bahasa Inggris, kamu mungkin pernah mendengarkan pelajaran tentang preposisi yaitu in, on, dan at. Preposisi bahasa Inggris lebih banyak dibandingkan preposisi dalam bahasa Indonesia.

Kamu harus menggunakan preposisi ketika ingin menunjukkan sebuah tempat atau lokasi. Berikut adalah contoh penggunaan preposisi dalam Bahasa Inggris:

The cat is on the cupboard (Kucing itu di atas lemari).

On digunakan ketika kamu ingin menunjukkan subjek kalimat berada di atas suatu tempat. Bahkan, kamu juga bisa menggunakan preposisi in, on, dan at untuk menunjukkan arah, waktu, kepemilikan, alasan, pegerakan, dan sebagainya.

3. Artikel A dan An

Pada saat belajar bahasa Inggris, terdapat artikel untuk melengkapi kata benda maupun frasa nomina. Artikel tersebut dibagi dalam dua jenis yaitu artikel a dan artikel an. Hanya saja, artikel tersebut digunakan saat menunjukkan objek tidak spesifik atau satu dari sejumlah noun.

A dan an penggunannya sangat berbeda. Contoh, gunakan artikel a ketika kata benda tersebut diawali huruf konsonan, sebagaimana berikut:

  • a bear
  • a kite
  • a car

Sedangkan untuk artikel an, gunakan pada noun yang diawali dengan huruf vocal, sebagaimana berikut:

  • An egg
  • An oven
  • An umbrella

Baca Juga:
Cara Belajar Grammar dengan Mudah

Cara Menggunakan Grammar

Penggunaan grammar yang benar terletak pada bagaimana cara kamu mempelajarinya. Saat belajar bahasa Inggris tidak boleh ada rasa takut karena kamu pasti akan melakukan sejumlah kesalahan karena memang itu adalah bahasa asing.

Pahami semua struktur dan formula pada tenses-tenses bahasa Inggris agar bisa menggunakan grammar dengan tepat. Terdapat sekitar 16 tenses yang harus kamu hafalkan dan kuasai. Dengan cara inilah, kamu akan lebih mudah membuat susunan kalimat yang benar.

Menggunakan grammar juga tidak akan lengkap tanpa ada bantuan tutor atau native speaker yang lebih paham. Namun, kamu tidak usah bingung lagi untuk mencari siapa yang dapat mendampingi saat belajar bahasa Inggris.

ICAN English mempunyai para tutor profesional yang sudah memenuhi kualifikasi sebagai pengajar bahasa Inggris, termasuk grammar. Dengan begitu, kamu dapat memperoleh pengalaman belajar yang efektif dan mudah.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi