Mengenal Perbedaan IELTS dan TOEFL

Mengenal Perbedaan IELTS dan TOEFL

Ada banyak variasi dari tes Bahasa Inggris; namun TOEFL dan IELTS adalah dua opsi populer. IELTS dan TOEFL adalah tes yang terkenal, kredibel, dan valid. IELTS adalah tes bahasa Inggris yang mengukur seberapa baik kamu dalam membaca, menulis, mendengarkan dan berbicara bahasa Inggris.

Pola dan struktur tes TOEFL cukup mendasar dan tidak berbeda jauh dengan tes lainnya. Ada empat bagian: Listening, Reading, Writing dan Speaking. Tes keseluruhan membutuhkan waktu empat jam untuk diselesaikan. Kamu harus melakukan tugas yang menggabungkan keterampilan komunikasi bahasa Inggris.

Pembahasan tentang IELTS dan TOEFL

Berikut adalah perbedaan IELTS dan TOEFL untuk mengenalnya lebih dalam:

IELTS

IELTS digunakan untuk tujuan pendidikan, imigrasi dan pekerjaan. Lebih dari 10.000 institusi di puluhan negara di seluruh dunia menerimanya. Meskipun IELTS didasarkan pada gaya bahasa Inggris British, peserta tes dapat menggunakan ejaan British atau US dalam jawabannya. Ada empat bagian dalam tes IELTS: Listening, Reading, Writing dan Speaking. Bagian Listening dan Speaking sama untuk kedua tes.

Reading dan Writing memiliki isi berbeda-beda, bergantung pada tes yang kamu ambil. Misalnya, kamu dapat menulis esai akademis untuk versi Academic, dan menulis surat gaya bisnis untuk versi General Training. Bagian Listening, Reading dan Writing dari kedua versi tes IELTS diselesaikan pada hari yang sama. Tidak ada istirahat.

Sebaliknya, bagian Speaking dapat diambil hingga seminggu sebelum atau sesudah tes lainnya. Bagian Speaking terdiri dari interview tatap muka dengan penguji. Proses interview akan direkam. Bagian ini berdurasi maksimal 20 menit. Total waktu tes adalah 2 jam 45 menit.

TOEFL

TOEFL menilai kemampuan kamu untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris di lingkungan akademik berbasis kelas. Tes ini adalah tes milik Amerika. Siswa yang ingin masuk ke sekolah-sekolah AS cenderung mengambil tes TOEFL. Tes ini juga menggunakan ejaan dan kosa kata Amerika. Namun, kamu tidak dikenakan sanksi karena memiliki aksen British di bagian Speaking atau menggunakan spelling British di bagian Writing.

TOEFL merupakan tes penting karena lebih dari 8.500 institusi di berbagai negara di seluruh dunia menerimanya. Kamu akan membaca, mendengarkan dan kemudian berbicara sebagai jawaban atas sebuah pertanyaan. Bagian membaca dan mendengarkan didahulukan. Selanjutnya, ada istirahat sejenak selama sepuluh menit dan dilanjutkan bagian Reading dan Writing. Seluruh tes ini berbasis komputer.

Baca Juga: Ini Perbandingan Skor TOEFL dan IELTS

Apa Bedanya Tes IELTS dan TOEFL?

Selanjutnya, apa saja perbedaan IELTS dan TOEFL? Selain perbedaan ejaan dan kosa kata, pertanyaan TOEFL sebagian besar merupakan pilihan ganda. Sedangkan IELTS mengharuskan peserta tes untuk merespons berbagai jenis pertanyaan yang berbeda seperti gap-filling, short essay, dan short answer.

Selain itu, ujian IELTS sedikit lebih singkat dibandingkan ujian TOEFL IBT: masing-masing 2 jam 40 menit dibandingkan dengan empat jam untuk menyelesaikannya. Keduanya memiliki bagian Speaking. Tes speaking IELTS dilakukan secara tatap muka dengan penguji.

Dalam ujian TOEFL, tidak ada penguji fisik yang menilai bagian tersebut. Tanggapan kamu akan dicatat, dan kemudian dinilai. Ujian IELTS menampilkan native speaker dengan aksen berbeda. Tes TOEFL hanya menargetkan pembicara dengan aksen Amerika.

Untuk bagian menulis, ujian TOEFL diketik, bukan jawaban tertulis pada ujian IELTS. Kedua tes tersebut memerlukan penyelesaian dua tugas. Esai TOEFL agak panjang: lebih dari 300 kata sedangkan IELTS 250 kata.

Tes Listening TOEFL berdurasi antara 40-60 menit, dan kamu harus mendengarkan kutipan dari kuliah atau percakapan di kampus. Kamu harus membuat catatan sambil mendengarkan, dan menjawab pertanyaan pilihan ganda. Untuk tes listening IELTS, siswa dapat menjawab pertanyaan sambil mendengarkan rekaman. Peserta tes akan menjawab sejumlah pertanyaan berbeda.

Jika kamu ingin lebih berhasil menghadapi IELTS atau TOEFL, ICAN English jadi tempat terbaik untuk mempelajarinya! Kamu bisa mengambil IELTS atau TOEFL Preparation Class untuk mempersiapkan diri menghadapi salah satu tes tersebut dan meraih skor sempurna!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi